Ads Top

Sebagai Mahasiswa Masa Kini Kamu Perlu Tahu 8 Fakta Dosen Ini

Hai, kalau ngomongin soal kehidupan kuliah tentunya tidak akan jauh dari kata dosen. Yap, dosen adalah unsur yang jelas penting sekali untuk universitas, secara jika tidak ada dosen, bagaimana sebuah universitas bisa beroperasi.

Foto milik duniadosen

Namun, murid-murid para dosen, atau mahasiswa yang setiap harinya bertumu dengan dosen, banyak yang tidak mengetahui bagaimana kehidupan sang dosen mereka. Ada beberapa hal yang seharusnya mahasiswa tau tentang fakta dosen dosen mereka.

Dosen punya kehidupan juga sama seperti mahasiswanya, dia punya keluarga, dan kehidupan lainnya. Dia tidak selalu 24 hours, 7 days in a week mendedikasikan diri untuk kampus di mana dia mengajar. Jadi mahasiswa juga harus mengerti kondisi dari para dosen.

Berikut ini adalah beberapa fakta dosen yang harus mahasiswa tahu, let’s check it out!

1. Fakta dosen pertama: Bukan Tuhan Yang Maha Tahu, bukan juga Google

Para mahasiswa perlu menggaris bawahi bahwa dosen itu manusia juga sama seperti kita semua. Mereka sama-sama belajar juga dan mereka pun harus terus belajar tentang materi yang akan diampunya sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk mengajar mahasiswanya.

Jadi mahasiswa juga harus maklum apabila ada pertanyaan yang diajukan untuk sang dosen, namun dosen tersebut belum atau tidak bisa menjawab. Mungkin memang sang dosen ini belum pernah tahu hal yang ditanyakan itu atau bisa juga pertanyaan itu merupakan hal yang baru dalam materi pembelajarannya.

Mahasiswa sebaiknya juga tidak boleh iseng, mengajukan pertanyaan namun dengan maksud untuk sekedar menguji kemampuan dosennya. Perlu diingat, dosen juga manusia, punya rasa punya hati.

2. Fakta dosen kedua: Dosen sebenarnya Ingin Diperhatikan Mahasiswa

Mungkin ada beberapa dosen yang berkesan masa bodoh atau cuek di kelas. Ada juga dosen yang galak dan berkesan tidak peduli. Dan masih banyak lagi dosen yang di luar terlihatstrong and cold.

Tapi sadar atau tidak, secuek-cueknya mereka, segalak-galaknya mereka, dan senyebelinnya mereka, dosen-dosen ini juga ingin mendapatkan perhatian dari mahasiswanya. Sekecil apapun perhatian yang mahasiswa berikan pada dosen itu ketika mereka mengajar, dosen ini tetap akan menghargai perhatian yang telah mahasiswanya berikan.

3. Fakta dosen ketiga: Ingin Bisa Berinteraksi dengan Mahasiswa

Para dosen itu suka dan senang apabila mereka bisa berinteraksi dengan mahasiswanya. Apalagi ketika di kelas ia mengajukan pertanyaan, dan  memberi respon dengan berusaha menjawab pertanyaannya. Sekalipun jawabannya salah, tapi mereka tetap akan menghargai Mahasiswa yang mau mencoba menjawab pertanyaannya.

Kalaupun mahasiswa tidak mengerti dengan apa yang dosennya jelaskan, jangan malu untuk bertanya. Beliau pasti akan berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut.

4. Fakta dosen keempat: Tidak Selalu Hafal Nama Mahasiswanya

Untuk yang satu ini, mohon maklum. Karena bayangkan saja ketika satu dosen bisa mengajar ratusan mahasiswa dalam satu hari dan mengajar ratusan mahasiswa dari beberapa angkatan dalam waktu seminggu. Jadi apabila dia lupa atau salah menyebut namamu, jangan langsung tersinggung.

Apalagi untuk awal pertama kali bertemu, para dosen butuh waktu untuk mengenali ciri khas dari mahasiswanya dan menghafal nama dari mahasiswa tersebut. Jadi memang tidak bisa sekali bertemu sudah langsung hafal semua nama.

5. Fakta dosen kelima: Dosen Berusaha Memahami Dunia Mahasiswa

Dalam kesehariannya di lingkungan kampus, yang beliau jumpai adalah para mahasiswanya. Tentunya dosen juga ingin tahu banyak hal tentang mahasiswanya. Agar antara dosen dengan mahasiswa terlihat akrab.

Dosen pun juga berusaha menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman, agar beliau bisa mengetahui dunia para mahasiswanya.Cool! Berarti dari tahun ke tahun mereka harus bisa dan berusaha untuk memahami hal baru yang terjadi di sekitar mahasiswanya.

Kenapa mereka melakukan itu? Itu semua dilakukan agar beliau bisa mengerti dunia mahasiswa yang sedang maju dan berkembang pada saat itu. Ia ingin lebih dekat dengan para mahasiswanya.

6.  Fakta dosen keenam: Bisa Juga, Mahasiswa Sama Pintarnya dengan Sang Dosen

Maksudnya bagaimana mahasiswa sama pintar dengan dosen? Ada kemungkinan mahasiswa memiliki pengetahuan yang lebih luas dari dosennya yang mengajar di kelas.

Apalah kamu pernah mengalami ketika berada di kelas perkuliahan ada seorang mahasiswa yang justru malah menjelaskan ke dosen, bukan dosen yang menjelaskan ke mahasiswa?

Itu hal yang wajar, mahasiswa dimohon maklum juga. Ini berkaitan dengan jaman yang selalu maju dan berkembang. Dosen tumbuh besar di generasi yang berbeda dengan para mahasiswa. Ada kemungkinan sang Dosen belum tahu adanya perkembangan dari ilmu yang mereka ajarkan.

Jika di kelas, mahasiswa tahu ada yang salah atau kurang dari penjelasan sang dosen, jangan segan untuk membenarkan dan juga menambahkan penjelasannya hal tersebut justru menambah nilai baik dimata para dosen. Dosen pasti akan merasa senang dan terbantu. Saling bahu membahu dengan dosen pasti seru!

7. Fakta dosen ketujuh: Tidak Pelit Berbagi Ilmu

Adakah dosen yang pelit berbagi ilmu? Kalau ada mungkin ada yang salah dengan dosen tersebut. Karena tugas utama dosen adalah mengajar dan berbagi ilmu dengan para mahasiswanya.

Berbagi ilmu yang dimaksud di sini adalah ilmu di luar materi perkuliahan apa yang beliau ajarkan. Karena mereka mengajar berdasarkan panduan dan batasan dari kampus. Ilmu mereka pasti lebih banyak dari dari apa yang mereka share di kelas.

Jadi ketika mahasiswa mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar, sebaiknya jangan takut atau segan untuk bertanya. Dosen pasti senang berbagi ilmu dengan para mahasiswanya. Atau bahkan bisa saling bertukar ilmu.

Dosen dan mahasiswa itu sama-sama belajar.

8. Fakta dosen kedelapan: Ketika Mahasiswa Lulus, Dosen pun Juga Senang

Kelulusan, momen yang satu ini pasti membuat perasaan lega, senang, dan bangga dari semua pihak. Diri mahasiswa sendiri, teman seperjuangan, keluarga, dan yang tak terlupakan juga adalah dosen. Mereka pasti juga ikut bangga melihat anak didik mereka bisa mendapatkan gelar diploma / sarjana / magister / doktor.  Kelulusan memang hal yang selalu ditunggu dan mengharukan.

Itulah sederet fakta mengenai dosen yang harus mahaiswa ketahui dan maklumi. Dosen juga manusia, beliau juga masih belajar sama seperti mahasiswanya. Secara harfiah manusia itu akan selalu belajar mengikuti perkembangan jaman sehingga bisa beradaptasi dengan segala situasi.

Jadi, jika mahasiswa menyadari ada yang salah dalam materi perkuliahan yang diberikan dosen, harap maklum. Buatlah kelasmu itu menjadi kelas yang positif, aktif, dan menyenangkan untuk belajar. Jadi baik mahasiswa dan dosen pun akan merasa senang.

Share informasi ini ke mahasiswamu agar para mahasiswa bisa memahami dosennya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sumber : DuniaDosen

Sebagai Mahasiswa Masa Kini Kamu Perlu Tahu 8 Fakta Dosen Ini Sebagai Mahasiswa Masa Kini Kamu Perlu Tahu 8 Fakta Dosen Ini Reviewed by Jobby Sumbar on 8.7.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas