Ads Top

Mau Memotivasi Diri Agar Semangat di Hari Pertama Kuliah? Ini 5 Rahasianya!

Sebentar lagi perkuliahan semester baru akan dimulai. Setelah menikmati liburan yang cukup panjang, mungkin kamu enggan kembali kuliah. Apalagi jika kamu mendapat IP kurang memuaskan di semester lalu, sementara teman-temanmu mampu memperoleh IP lebih baik. Kamu tidak percaya diri saat kembali ke kampus. Bahkan, bisa jadi kamu kehilangan motivasi untuk belajar. Ketakutanmu pada kegagalan di semester lalu hanya membuatmu semakin terpuruk.

Shutterstock

Saya pernah mengalaminya saat masih duduk di bangku kuliah. Kala itu saya mengambil jurusan teknik kimia. Di semester satu dan kedua, saya tidak begitu mengalami kesulitan dalam mengikuti mata kuliah yang diberikan. IP saya pun terbilang cukup baik. Hanya saja, semua menjadi terbalik saat saya sudah menempuh semester tiga. Kebetulan di semester tersebut saya mulai aktif di biro pers kampus serta beberapa kegiatan kepanitiaan lain. Mata kuliah yang diajarkan pun bukan lagi pendidikan dasar seperti di semester satu dan dua. Saya menyadari mengalami kesulitan di sebagian besar mata kuliah, sementara saya juga tak mampu membagi waktu antara belajar dan kegiatan berorganisasi. Alhasil, untuk pertama kalinya saya mendapat IP di bawah 3. Saya sempat down melihat banyaknya nilai C yang menghiasi transkrip saya.

Saya bertekad untuk memperbaiki nilai saya di semester empat. Saya mulai mereview cara belajar saya selama ini. Kebetulan saya masih mengikuti beberapa kegiatan di luar kuliah, hanya saja saya membuat trik agar porsi waktu belajar saya masih ada. Saya tak enggan bertanya pada teman-teman saya ketika tidak memahami penjelasan dosen. Saya membuat beberapa catatan kecil yang biasanya jadi pedoman saya dalam belajar. Saat itu saya merasa persiapan dan usaha saya selama semester empat jauh lebih baik daripada semester sebelumnya. Ternyata usaha saya belum berbuah hasil yang manis. Di semester empat itu saya masih mendapat IP kurang memuaskan, hanya saja hampir menyentuh IP 3.

Tak bisa dipungkiri, dua kali beturut-turut mengalami kegagalan membuat saya sedih. Akan tetapi, saya percaya bahwa tak ada usaha yang sia-sia. Saya yakin mampu memperbaikinya di semester lima. Saya hanya kembali mereview cara belajar saya dan lebih sering mengikuti belajar kelompok menjelang ujian. Saya juga berusaha untuk tak terlalu tegang pada ujian. Kuncinya hanyalah doa dan usaha. Akhirnya, usaha saya selama setahun tidak sia-sia. Tanpa diduga, saya justru mendapat IP cumlaude di semester lima.

Kamu mungkin juga mengalami hal yang sama seperti saya. Nilai-nilai akademikmu tak kunjung membaik hingga sekarang. Jika kamu sudah mulai menyerah, percayalah bahwa IP di bawah 3 bukanlah akhir dari segalanya. Kamu masih punya waktu untuk memperbaikinya di semester baru ini. Kamu tak perlu takut untuk kembali ke kampus. Berikut lima hal yang pernah saya lakukan untuk membangun rasa percaya diri saat kembali kuliah di semester baru.

Jangan Larut dalam Kesedihan, Bersyukur untuk Berapa pun Nilai yang Didapat

Nasi sudah menjadi bubur. Marah dan mengeluh pada nilai-nilaimu tak mampu mengubah keadaan. Terlalu larut dalam kesedihan juga tidak baik. Ingatlah bahwa kamu masih memiliki waktu untuk memperbaiki semuanya. Saya melakukan tiga hal untuk mengurangi kesedihan saya pada nilai-nilai saya. Pertama, bersyukur pada Tuhan atas nilai yang saya dapat dan saya masih berkesempatan untuk kuliah. Kedua, memaafkan diri sendiri atas kegagalan ini. Ketiga, saya jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik di semester baru. Jadi, bersiaplah untuk mengawali semester baru dengan langkah yang penuh semangat!

Isi Liburan Semestermu dengan Hal-hal yang Menyenangkan

Manfaatkan liburan semestermu untuk menyenangkan diri sendiri. Kamu sudah bersusah payah belajar sepanjang semseter, maka hargailah dirimu dengan memberireward pada diri sendiri. Misalnya, berliburan bersama teman atau sekadar meluangkan waktu untuk melakukan hobimu. Saat itu saya biasa memanfaatkan waktu liburan semester dengan pulang ke rumah dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca. Saya mendapat banyak hiburan sekaligus pengetahuan melalui membaca. Saya menjadi lebih fresh saat kembali ke kampus di semester berikutnya. Kamu bisa menganggap liburan semester sebagai pelipur lara akan nilai-nilaimu yang kurang memuaskan.

Review Cara Belajarmu

Nah, hal yang tak boleh dilupakan adalah bercermin pada diri sendiri selama liburan. Sebelum memulai perkuliahan, pastikan kamu sudah paham cara belajar seperti apa yang tepat. Jika di semester lalu kamu jarang membaca, buatlah target untuk membaca atau mengulang materi seusai kuliah. Kalau kamu terbiasa belajar hanya sebelum ujian, biasakanlah untuk memahami mata kuliah dengan sungguh-sungguh di kelas. Saya dulu juga membuat sedikit improvisasi untuk mencapai target. Saya menulis target-target di semester baru dan menempelnya di dinding dekat kasur saya. Dengan begitu, saya selalu membaca target tersebut sebelum tidur. Secara tak langsung hal ini memotivasi saya untuk menepati janji-janji yang sudah saya buat sendiri. Kamu juga bisa meniru cara ini untuk membuatmu lebih bersemangat memperbaiki nilai.

Buatlah Rencana Perbaikan Mata Kuliah yang Mendapat Nilai Jelek

Daripada menyesali nilai-nilai yang jelek, sebaiknya kamu memulai untuk membuat listmata kuliah yang harus kamu ulang. Rencanakan mata kuliah yang akan kamu ambil hingga beberapa semester ke depan, lalu sisipkan beberapa perbaikan mata kuliah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi bebanmu saat menjelang semester akhir. Jika kamu memilih perbaikan mata kuliah di semester akhir, besar kemungkinan kamu sudah lupa pada isi materi kuliah tersebut. Lain halnya jika kamu mencicil sebagian mata kuliah untuk diperbaiki di semester ini. Kala itu saya mendapati sepuluh nilai C di beberapa mata kuliah dan saya mulai mencicil perbaikan sejak di semester lima. Bahkan, sejak semester empat saya sudah merencanakan jadwal mata kuliah saya hingga semester akhir. Perencanaan yang baik membantumu untuk bisa lulus kuliah sesuai target yang kamu harapkan.

Ingatlah Teman-Temanmu Akan Selalu di Sisimu

Terkahir, percayalah kamu tak pernah sendirian. Kamu tak perlu depresi lalu menyingkir dari pergaulan kampus. Hal itu sangat tak membantumu untuk kembali percaya diri. Tentu banyak temanmu yang mengalami hal serupa. Berjuanglah bersama-sama dengan mereka dalam memperbaiki nilai. Buatlah sebuah kelompok belajar untuk membantumu memahami materi kuliah. Jika kamu bergaul dengan teman-teman yang selalu mendapatkan IP memuaskan, cobalah untuk mengintip cara mereka belajar. Kamu tak harus meniru gaya mereka, hanya saja lakukan beberapa hal dari kebiasaan mereka sebagai improvisasi gaya belajarmu.

Saya termasuk orang yang malas mencatat dengan rapi. Kadang tulisan di catatan saya tak karuan. Saya belajar dari teman saya bahwa untuk menarik minat belajar harus dimulai dari diri sendiri. Kemudian saya sedikit mengubah catatan kuliah saya dengan menandai bagian penting dengan stabilowarna-warni. Satu perubahan kecil dalam mencatat tersebut ternyata membantu saya untuk lebih mudah mencerna materi kuliah.

Perjalananmu di bangku kuliah masih panjang. Jangan pernah menyerah hanya karena IP yang tidak memuaskan. Kamu harus ingat bahwa masih ada tugas akhir yang jauh lebih berat daripada sekadar nilai akademik. Jika sekarang kamu sudah menyerah, bagaimana besok bisa mengerjakan tugas akhir? Cobalah untuk membangun kembali rasa percaya dirimu dengan beberapa hal yang sudah saya lakukan sebelumnya. Jadi, sudah siap kan untuk memulai kembali perkuliahanmu? Selamat kembali kuliah dan selamat berjuang!

Sumber
Mau Memotivasi Diri Agar Semangat di Hari Pertama Kuliah? Ini 5 Rahasianya! Mau Memotivasi Diri Agar Semangat di Hari Pertama Kuliah? Ini 5 Rahasianya! Reviewed by Hadel D Piliang on 13.7.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas