Ads Top

Ini Dia 5 Tips Cara Makan Hemat ala Anak Kos yang Super Gimana Gitu

Menjadi anak kos yang jauh dari orang tua merupakan sebuah tantangan tersendiri. Bukan hanya soal kemandirian, tetapi juga soal bagaimana anak kos harus bisa mengatur keuangannya setiap bulan. Banyak kebutuhan yang harus bisa dibiayai sendiri oleh anak kos dengan menggunakan uang sakunya, salah satunya adalah makan dan minum. Makan dan minum adalah dua hal mendasar yang cukup menyita uang saku anak kos. Jika tidak pandai mencari cara berhemat dalam hal ini, bisa jadi di akhir bulan anak kos hanya mampu konsumsi mi instan setiap hari. Tidak ingin hal itu terjadi? Coba pelajari 5 tips makan hemat ala anak kos yang bisa kamu terapkan berikut ini!

Meme Comic Indonesia

Jadilah pecinta air putih

Nah, ini adalah salah satu tips sederhana tetapi penting. Setiap kali kita makan tentunya kita butuh untuk mengonsumsi minuman. Tetapi sadarkah kalian bahwa di beberapa tempat makan menjual minuman dengan harga sama atau bahkan lebih tinggi daripada harga makanan? Minuman yang hampir selalu ada dan memiliki harga paling murah biasanya adalah air putih. Jadi, cobalah selalu memesan air putih. Misal harga es jeruk adalah Rp10.000 kemudian harga air putih hanya Rp5.000 maka kamu sudah bisa menghemat 3 x Rp5.000 atau Rp15.000 jika kamu makan sebanyak 3x sehari. Dalam sebulan kamu bisa berhemat sampai dengan Rp450.000 hanya dari menekan budget minuman saja. Atau jika ingin lebih berhemat lagi, kamu bisa selalu membawa botol air minum yang sudah terisi dari kos - kosan. Jadi, kamu cukup membeli air mineral dalam galon paling tidak 2x dalam sebulan dengan budget hanya sekitar Rp50.000 saja.

Jadi mulai sekarang belajar mencintai air putih ya, beautynesian. Tidak perlu merasa gengsi atau malu untuk memesannya. Lumayan kan jika kita bisa menghemat budget minuman setiap kali makan?

Masaklah nasi putih

Cara kedua adalah dengan memasak sendiri nasi putih. Ya maklum saja, orang Indonesia terbiasa selalu makan nasi putih apapun lauk yang tersedia. Sebagai anak kos, kamu harus bisa mencari celah dalam hal ini. Harga nasi putih di tempat makan biasanya mulai dari Rp5.000 untuk seporsi. Jika sehari kamu membelinya sebanyak 3 kali, maka kamu harus mengeluarkan uang sebanyak Rp15.000 setiap harinya. Terlihat tidak seberapa memang, tetapi jika dikalikan dalam satu bulan, maka kamu bisa mengeluarkan budget sampai dengan Rp450.000. Daripada membeli nasi putih di tempat makan, tidak ada salahnya kamu membeli beras dan memasak nasi bersama dengan teman - teman kos. Jadi kamu hanya cukup membeli lauk di tempat makan kemudian membawanya pulang.

Kurangi nongkrong di cafe

Sebagai anak muda, nongkrong adalah suatu kebutuhan sosial yang tidak dapat dihindari. Nongkrong di cafe bersama teman sah sah saja dilakukan, tetapi kalau terlalu sering bisa jadi pengeluaran membengkak. Nah bagaimana cara mengatasinya? Usahakan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum pergi nongkrong. Daripada membeli makanan dicafe dengan harga Rp50.000 yang belum tentu bisa membuat kenyang, tidak ada salahnya kamu mengisi terlebih dahulu perutmu dengan makanan di warung dekat kos hanya dengan budget Rp10.000 saja. Jadi nanti ketika nongkrong, kamu cukup hanya membeli minuman saja karena perut sudah kenyang. Tidak perlu membatasi diri dengan hanya membeli air putih saja untuk kali ini, kamu bisa membeli minuman cafedengan harga puluhan ribu karena tidak setiap hari dilakukan.

Cara ini bisa kamu terapkan jika memang kamu harus pergi nongkrong bersama teman. Namun selama menurut kamu itu masih bisa ditunda, lebih baik mengurangi pergi nongkrong dan menggantinya dengan main di kos teman secara bergantian.

Kurangi konsumsi daging

Bagi anak kos, sah-sah saja mengonsumsi daging sebagai lauk. Tetapi, tidak ada salahnya untuk menguranginya kan? Mengurangi konsumsi daging ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi kolesterol tetapi juga dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan. Daging biasanya dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal dari menu lainnya. Kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengganti protein hewani menjadi protein nabati melalui sayuran dan tahu tempe. Biasanya di warung dekat kos - kosan menu tahu tempe dan sayuran dimasak dengan berbagai jenis masakan sehingga kamu tidak akan merasa bosan.

Belajarlah memasak sendiri

Jika cara tersebut diatas masih kurang bisa menghemat budget-mu, maka kamu bisa melakukan cara yang terakhir ini, yaitu memasak sendiri. Cara ini cukup efektif jika kamu memiliki waktu kosong yang cukup. Di awal minggu kamu bisa membeli bahan-bahan yang diperlukan selama seminggu ke depan. Ingat ya, beli sesuai kebutuhan dan jangan lapar mata. Jika kamu membeli bahan masakannya di tukang sayur, kamu mungkin hanya membutuhkan uang Rp100.000 saja untuk membeli bahan makanan selama 1 minggu. Terlihat sedikit repot memang jika harus memasak sendiri, tetapi jika kamu memang harus sangat berhemat, tidak ada salahnya kan untuk mencoba? Sebagai reward setelah masak setiap hari, kamu bisa membeli makanan di tempat makan setiap hari Sabtu Minggu, Beautynesian.

Nah itu dia tips yang dapat diterapkan bagi anak kos untuk menghemat budget makan dan minum setiap hari. Sisa uang yang ada bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain atau untuk ditabung. Perut kenyang, dompet tenang, hatipun senang.

Sumber
Ini Dia 5 Tips Cara Makan Hemat ala Anak Kos yang Super Gimana Gitu Ini Dia 5 Tips Cara Makan Hemat ala Anak Kos yang Super Gimana Gitu Reviewed by Hadel D Piliang on 13.7.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas