Ads Top

Metamorfosis Mahasiswa Tingkat Awal sampai Akhir

Sumber

Begitu menjadi seorang mahasiswa, kamu akan mengalami beberapa fase selama menjalani kehidupan kampus. Dari tingkat awal sampai tingkat akhir, perubahan di setiap fase pasti kamu rasakan. Yang penting, kamu harus bisa memaksimalkan kesempatan yang ada di setiap fase tersebut dengan baik supaya target yang kamu harapkan dapat tercapai.

1. Tahun pertama

Tingkat pertama terdiri dari semester satu dan dua. Pada semester pertama, semua akan terasa serba baru. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah beradaptasi. Sesuaikan cara belajar ketika menjadi seorang mahasiswa. Selain itu, perluas pergaulan untuk mendapatkan banyak teman.

Kemudian, pada semester dua, saatnya kamu untuk mulai bergabung dengan organisasi kampus yang kamu minati. Hal ini agar kamu memiliki kegiatan di luar kuliah, serta untuk melatih soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja nanti.

2. Tahun kedua

Tahun kedua terdiri atas semester tiga dan empat. Memasuki semester ketiga, coba pertahankan IP yang baik. Dengan begitu, kamu bisa mengambil SKS yang banyak saat mengisi KRS. Ikuti kuliah dengan baik supaya kamu tidak perlu mengulang suatu mata kuliah.

Selain itu, hal yang bisa kamu lakukan di tingkat dua ini, yaitu meningkatkan performa di dalam organisasi. Jangan hanya menjadi anggota. Cobalah memberanikan diri untuk mengemban tanggung jawab, seperti menjadi ketua panitia suatu acara atau jabatan lainnya. Mulailah juga membentuk karakter sehingga kamu tahu ke arah mana minat dan potensi yang kamu miliki.

3. Tahun ketiga

Di semester lima dan enam ini, mata kuliah yang kamu ambil akan semakin berat lantaran sudah tidak bersifat dasar lagi. Oleh karena itu, di tingkat tiga mulailah untuk mengurangi kegiatan di luar kuliah. Kamu hanya perlu fokus pada satu organisasi yang benar-benar kamu sukai.

Kemudian, mulailah untuk menjadi asisten dosen atau asisten praktikum. Selain mengahasilkan uang, pengalaman menjadi asisten dosen bisa sangat membantu ingatan pelajaranmu dan berguna untuk mencari pekerjaan nanti.

Pada semester tujuh, biasanya kamu akan melakukan KKN atau magang, sesuai dengan jurusan kuliah. Kamu juga harus sudah mulai memikirkan topik tugas akhir atau skripsi dengan memperbanyak referensi bacaan.

4. Tahun keempat

Tahun ini umumnya adalah tahun terakhir di masa kuliah. Pastikan bahwa semua mata kuliah yang kamu ambil sudah tuntas dan tidak perlu mengulang lagi. Kemudian, cobalah untuk mulai memikirkan kehidupan pascakampus. Misalnya, akan berkarier di mana setelah lulus nanti. Kamu juga bisa mengikuti les bahasa atau ikut tes TOEFL. Hal paling penting, kamu harus fokus dalam mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Jangan buang-buang waktu. Semakin kamu menunda, maka akan semakin malas, sehingga tidak bisa lulus tepat waktu.


Sumber : Okezone
Metamorfosis Mahasiswa Tingkat Awal sampai Akhir Metamorfosis Mahasiswa Tingkat Awal sampai Akhir Reviewed by Jobby Sumbar on 29.3.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas