Ads Top

Fakta Menarik Mahasiswa Jurusan Seni Rupa!

Sumber

Pernah tidak membayangkan bagaimana menjadi mahasiswa seni rupa? Paling sering pasti kamu membayangkan mahasiswa seni rupa hanya mempelajari cara-cara atau teknik menggambar atau melukis saja. Lalu, untuk masuk ke jurusan itu hanyalah orang-orang berjiwa seni dengan bakat seni tinggi.

Bayangan itu memang lumrah bagi mereka yang tak tahu apa saja tentang dunia jurusan seni rupa. Namun, kuliah di jurusan seni rupa tidak hanya mempelajari hal-hal teknis melukis ataupun menggambar saja loh.

Sebenarnya, ada banyak menarik lainnya yang hanya dirasakan oleh mahasiswa seni rupa. Untuk membuka perspektif kamu soal serunya berkuliah dan menjadi mahasiswa di jurusan seni rupa, berikut beberapa fakta kece menjadi mahasiswa seni rupa.

Tidak Semua Mahasiswa Seni Rupa Jago Menggambar Sejak Lahir

Untuk dapat masuk ke jurusan seni rupa, kamu memang harus melalui uji keterampilan seni rupa. Di dalamnya akan diuji seberapa kemampuan kamu menggambar dan lain sebagainya. Akan tetapi, hal itu dilakukan bukan hanya untuk menjaring calon potensial masuk ke jurusan seni rupa.

Ujian itu lebih kepada pemetaan kemampuan seni rupa kamu. Sebab, ketika masuk ke jurusan itu, kamu akan langsung dihadapkan berbagai hal seputar seni rupa. Mulai dari teknik menggambar hingga berbagai macam teori seni rupa.

Oleh karena itu, banyak mahasiswa seni rupa yang memang masuk bukan hanya karena bakat menggambar atau lukis saja. Banyak juga yang akhirnya jago di bidang seni rupa karena proses pembelajarannya. Sebab, kemampuan itu bisa diasah dan dilatih kapanpun dan di manapun.

Ada mahasiswa seni rupa yang akhirnya ahli di bidang itu karena kerja kerasnya. Selain itu, harus kamu ketahui bahwa di dalam jurusan seni rupa, kamu tidak hanya belajar menggambar saja. Kamu akan belajar berbagai macam jenis seni rupa, seperti seni kriya, fotografi, lukis, dan lain sebagainya.

Jadi, kamu jangan patah semangat ketika kemampuan menggambarmu masih kurang baik. Setidaknya, untuk dapat lolos uji keterampilan, kamu sudah menguasai teknik dasar menggambar.


Belajar Di Jurusan Seni Rupa Membuatmu Lebih Humanis

Di jurusan seni rupa, kamu tak hanya belajar soal ruang lingkup seni rupa saja. Hal lain yang akan kamu dapatkan ialah kepekaanmu melihat lingkungan sekitar. Kamu akan dilatih kepekaan nalar, hati, dan nuranimu.

Karena, karya seni tidak hanya menjadi wadah kreatifitas imajinasimu melainkan juga wadah menyampaikan pesan-pesan tertentu. Ketika kamu merasa ada kejanggalan dengan kondisi sosial masyarakat, maka hal itu dapat menjadi ide membuat karya.

Seringkali, banyak seniman membuat karya ciptanya memiliki makna yang berisikan keprihatinannya terhadap kondisi sosial masyarakat. Ada pula yang menuangkan kritik sosial di dalam karyanya.

Hal itu lumrah dilakukan oleh seniman dalam tiap buah karyanya dan kamu juga akan mempelajari hal itu di jurusan seni rupa. Kamu tak hanya diajarkan untuk mahir dalam seni rupa melainkan juga mampu menuangkan ide, gagasan, dan perasaanmu ke dalam karya ciptamu.

Hubungan dengan Dosen Sangat Dekat

Akrab dengan dosen merupakan hal yang paling indah saat duduk di bangku perkuliahan. Keakraban itu akan sangat membantu kamu menjalani kegiatan belajar mengajar di kampus. Kamu akan menjadi lebih betah dan lebih menyenangi mata kuliah yang ada. Selain itu, kamu akan lebih semangat belajar dan lebih punya alasan lebih untuk datang tepat waktu ke kelas.

Di jurusan seni rupa, hubungan mahasiswa dan dosen biasanya sangat akrab. Hal itu dikarenakan dosen-dosen pengajar di jurusan seni rupa lebih open minded dan lebih mau mengikuti perkembangan zaman. Keterbukaan pikiran itu adalah hal wajib bagi dosen seni rupa sebab dunia seni selalu berkembang dan sebagai dosen pengajar mereka harus bisa mengikuti perkembangan dunia seni.

Maka dari itu, mahasiswa menjadi lebih mudah dekat dan akrab. Tak jarang, ada dosen yang sangat dicintai mahasiswa sehingga ketika dosen itu ulang tahun atau tengah merayakan sesuatu hal selalu dirayakan oleh mahasiswanya. Indah bukan melihat hubungan yang begitu dekat?

Akan tetapi, kedekatan itu bukan berarti mahasiswa bisa langsung kurang ajar dengan dosen-dosen pengajarnya. Mahasiswa seni rupa tetap menjaga kesopanan kepada para dosen dan tidak begitu saja memanfaatkan kedekatan itu.


Kamu Menjadi Orang yang Terampil dan Kreatif


Tentunya, ketika kamu menjadi mahasiswa seni rupa maka kamu akan menjadi orang yang terampil dan kreatif. Karena, ada beberapa mata kuliah yang mengajarkan kamu menggunakan berbagai peralatan untuk membuat suatu karya seni.

Di pelajaran seni kriya, kamu akan belajar menggunakan gergaji, palu, dan peralatan lainnya untuk membuat suatu karya. Lalu, kamu juga belajar mengenai mendesain produk dari berbagai macam bahan yang bisa dimanfaatkan. Masih banyak hal lain yang pasti bisa kamu rasakan sendiri ketika kamu masuk ke jurusan seni rupa.

Bahkan, dari berbagai macam pelajaran itu kamu bisa membuat barang bernilai ekonomis untuk kamu jual nantinya loh! Jadi, kamu bisa memulai bisnis sendiri setelah lulus kuliah seni rupa.

Selain itu, ketika kamu mengerjakan tugas akhir nanti, kamu juga dituntut kreatif. Sebab, untuk tugas akhir, kamu tidak hanya dihadapkan oleh skripsi saja melainkan juga membuat pameran karyamu sendiri. Sehingga, ketika kamu lulus nanti, banyak kenangan indah di masa kuliahmu.

Sering Berkunjung Ke Tempat-Tempat Menarik

Sebagai mahasiswa seni rupa, nantinya kamu akan merasakan berkunjung ke museum dan galeri seni loh! Biasanya, study tour itu merupakan bagian dari salah satu mata kuliah yang berhubungan dengan tempat itu. Selain dua tempat itu, terkadang kamu akan kuliah di luar kelas sehingga tidak membosankan.

Tentunya, berkunjung ke tempat-tempat menarik itu akan membuka wawasan kamu mengenai banyak hal. Selain itu, kamu akan mendapatkan pengalaman menarik yang mungkin tidak akan dirasakan oleh jurusan-jurusan lain, khususnya jurusan di bidang eksak.

Kamu tidak akan mengalami perkuliahan yang membosankan dan selalu mampu melawan rasa bosan perkuliahan. Sebagai mahasiswa seni rupa, kamu juga akan mampu menghargai keberadaan tempat-tempat yang jarang dikunjungi masyarakat dan tahu fungsi pentingnya tempat tersebut bagi kemajuan peradaban manusia.

Nah, beberapa yang fakta menarik menjadi mahasiswa seni rupa. Sebenarnya masih banyak hal lain yang tentunya akan seru kalau kamu merasakannya sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Sumber : Quipper
Fakta Menarik Mahasiswa Jurusan Seni Rupa! Fakta Menarik Mahasiswa Jurusan Seni Rupa! Reviewed by Hadel D Piliang on 26.3.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas