Ads Top

4 Keuntungan Mahasiswa Jurusan Sosial dan Humaniora

Sumber

Popularitas program studi yang berhubungan dengan sains dan teknologi kian meningkat. Lulusan dari bidang STEM (science, technology, engineering, dan mathematics) juga mendapat gaji yang tinggi sehingga prospek karier pun menjanjikan.

Namun, tak semua pelajar tertarik berkutat dengan angka dan rumus sehingga memilih kuliah di bidang sosial dan humaniora. Dikutip dari Asian Correspondent, bidang studi ini ternyata cukup mengasyikkan dan para mahasiswa juga akan mendapat berbagai keuntungan sebagai berikut:

1. Fleksibilitas

Studi sosial dan humaniora menawarkan fleksibilitas di berbagai tingkatan. Bidang ini memiliki program studi yang sangat luas. Fakultas sosial dan humaniora di suatu kampus bisa menyediakan puluhan program studi yang bisa dipilih mahasiswa sesuai dengan minatnya masing-masing, baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana.

2. Keterampilan Khusus

Pendidikan di sosial dan humaniora akan memberikan keterampilan khusus bagi para mahasiswanya untuk bekal di dunia profesional. Selama studi, mahasiswa akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, logika, termasuk keterampilan presentasi dan komunikasi. Lulusan di bidang ini memiliki pemahaman yang dalam mengenai masyarakat. Selain itu, ilmu ini juga dibutuhkan untuk membangun teknologi baru dengan lulusan bidang STEM.

3. Karier yang Menjanjikan

Fakta bahwa keterampilan yang diperoleh oleh lulusan sosial dan humaniora dapat diterapkan di semua aspek kehidupan membuat mereka banyak dibutuhkan di dunia kerja. Lulusan bidang ini bisa bekerja sebagai pendidik, pembuat kebijakan, jurnalis, hingga bidang profesional lainnya. Salah satu lulusan sosial dan humaniora yang sukses yakni Barack Obama. Pernah bekerja di sektor bisnis, pengembangan masyarakat, dan hukum, Obama akhirnya terjun ke dunia politik, lalu menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) saat berusia 55 tahun.

4. Hasil Lulusan

Lulusan sosial dan humaniora sangat dihargai di dunia profesional. Mereka unggul dalam hal komunikasi lisan dan pemecahan masalah dibandingkan dengan lulusan bidang lain. Di samping itu, para lulusan ini juga mampu berpikir kritis ketimbang teknis.

Sumber : Okezone
4 Keuntungan Mahasiswa Jurusan Sosial dan Humaniora 4 Keuntungan Mahasiswa Jurusan Sosial dan Humaniora Reviewed by Jobby Sumbar on 26.3.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas