Ads Top

12 Hal yang Harus Dihindari Di Tahun Awal Kuliah

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana suasana belajar dan tinggal di negara lain. Tidak hanya harus berada jauh dari keluarga, kamu juga telah mendengar tentang kejutan budaya (culture shock) yang tampaknya dialami oleh hampir semua mahasiswa internasional.

Sumber

Saat kamu mempersiapkan diri secara mental untuk menghadapi bulan-bulan pertama di tempat yang baru, kami telah menyiapkan daftar hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai penyesuaian diri di tempat kuliah.

Jangan lewatkan hari pendaftaran mata kuliah untuk mendapatkan kelas yang kamu inginkan atau perlukan. Ini sangat penting! Kehidupan kampus berbeda dari sekolah menengah. Kamu bertanggung jawab atas jadwal dan prioritasmu. Melewatkan hari pendaftaran akan membuat kamu harus mengambil semester tambahan. Beberapa sekolah menerapkan pendaftaran mata kuliah sebelum kuliah dimulai. Kamu harus pro-aktif dengan mencari informasi dari situs universitas atau dengan mengirim email ke kampus.

Jangan hanya bergaul dengan mahasiswa satu tingkat lain. Cari kakak kelas yang sudah memiliki pengalaman mengambil mata kuliah yang sama dengan kamu. Dari situ kamu bisa belajar tentang cara mengatur kehidupan kuliah.

Jangan pergi ke kelas dengan penampilan berantakan seperti baru bangun tidur. Meskipun universitas tidak membuat aturan berpenampilan, terlihat seperti baru saja turun dari tempat tidur akan membuat lingkungan sekitar kurang menghargai kamu. Berpakaianlah dengan kasual namun tetap rapi.

Jangan mengambil kelas di pagi hari sebelum jam 10 di tahun pertamamu kecuali kamu biasa bangun pagi atau kamu akan terkantuk-kantuk dan tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik. Rutinitas baru membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan berbagai hal seperti sistem transportasi, cuaca dan gaya hidup. Usahakan untuk selalu siap dan menunjukkan konsentrasi penuh saat hadir di kelas.

Jangan melewatkan kesempatan untuk berpartisipasi di berbagai kegiatan organisasi kampus karena pengalaman itu akan memperkaya dirimu. Jangan terlampau aktif terlibat karena kamu bisa-bisa tidak punya cukup waktu untuk kepentingan diri sendiri. Cobalah hadir di pertemuan-pertemuan pertama kegiatan organisasi dan baru pilihlah yang kamu suka.

Jangan menghabiskan seluruh waktu kamu dengan main facebook, instagram atau path, dll. Media sosial ada untuk menjadi hiburan, bukan untuk dijadikan fokus utama. Kamu harus pandai mengatur waktu dan memprioritaskan hal-hal terkait belajar.

Jangan takut untuk duduk di samping teman sekelas yang belum kamu kenal. Kamu mungkin merasa adalah orang yang pemalu dan belum berani untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Menjadi anak kuliah berarti sudah saatnya kamu bersikap proaktif dan menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuanmu berbahasa Inggris.

Jangan lupa untuk mempergunakan fasilitas yang menjadi hakmu sebagai pelajar. Kampus menawarkan banyak fasilitas gratis seperti konsultasi akademik gratis, hiburan, ruangan, dan percetakan yang sudah termasuk dalam paket kuliahmu. Kamu bisa mendapatkan informasi ini dari kantor layanan mahasiswa (student services office).

Jangan membayar harga penuh untuk buku teks kuliah. Saat kamu terima daftar buku teks kuliah, jangan segera membeli buku-buku itu di toko buku. Namun carilah di Amazon.com, cari info di papan informasi untuk membeli buku bekas harga murah yang dijual oleh kakak kelas, atau coba dapatkan buku-buku teks kuliah dengan meminjam dari perpustakaan. Ini akan membantu kamu menghemat pengeluaran.

Jangan menyimpan karya akademikmu di alat elektronik yang berisko. Kehilangan thumbdrive, laptop yang bermasalah bisa membuat kamu gagal menyerahkan tugas tepat waktu. Pakailah Google docs (GDocs) sebagai cadangan (back-up) sehingga karya akademikmu aman.

Jangan terburu-buru membina hubungan asmara (jika kamu lajang), atau menghabiskan terlalu banyak waktu mengkhawatirkan tentang pacar kamu di sana atau di negara lain. Tahun pertama di kampus akan menyita perhatianmu. Jadi berhati-hatilah untuk tidak terlarut dalam hal-hal yang mungkin akan menghambat kamu sukses dalam hal akademik.

Jangan terlalu banyak berpesta atau mabuk atau membuang waktu untuk kegiatan sosial yang tidak terlalu penting. Sangat mudah untuk menemukan pengalaman baru yang menarik saat kamu berada di luar negeri. Tapi jika kamu memilih untuk menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dan bukannya belajar untuk tes berikutnya, maka kamu akan sulit untuk melewati tahun-tahun kuliah berikutnya.

Beritahu kami jika kamu punya info tentang hal lain yang harus dihindari selama kuliah. Like dan share jika informasi ini berguna untuk kamu.

Sumber : suneducationgroup

12 Hal yang Harus Dihindari Di Tahun Awal Kuliah 12 Hal yang Harus Dihindari Di Tahun Awal Kuliah Reviewed by Hadel D Piliang on 23.3.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas