Ads Top

11 Alasan Logis Kenapa Anak IPS Selalu Lebih Keren dari Jurusan Lain!

Menjelang kenaikan kelas XI sekolah menengah atas (SMA), siswa mulai diributkan masuk jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Banyak anggapan, kelas IPS tak banyak diminati karena kalah prestisius dengan kelas IPA.

Sumber

Stigma anak-anak IPS yang bandel, santai dan sering menabrak aturan sekolah sudah melekat sejak dulu. Namun, jangan pernah kecil hati. Sesungguhnya, anak IPS punya kecerdasan yang tak bisa dibandingkan dengan anak IPA. Ada beragam hal yang patut dibanggakan jika kamu masuk jurusan IPS. Apa aja, sih? Ini jawabannya!

1. Kelas IPS itu gudangnya anak kreatif.

Anak IPS memang terkenal dengan anak-anak yang nyeleneh. Tapi jangan salah. Justru kenyelenehannya membuat mereka jadi anak-anak kreatif.

Mereka terbiasa berpikir luwes dan mampu menciptakan hal-hal tak terduga. Tengok saja kelasnya anak IPS, pasti berwarna dan tak membosankan.

2. Jangan ditanya, anak IPS sudah pasti jadi rajanya class meeting.

Menjelang tahun ajaran baru, OSIS pasti menggelar agenda class meeting. Nah, di situlah anak IPS jadi raja sekolah. Segala jenis lomba, juaranya pasti disabet sama anak-anak IPS, entah lomba basket, nyanyi, nari, tumpeng atau debat. Mereka gak malu menunjukkan totalitasnya mengikuti kompetisi, meski itu cuma di lingkup internal.

3. Di kelas IPS, dipastikan banyak seniman. Mau itu perupa, musikus, atau bahkan pemain teater, ADA!

Entah kenapa, anak IPS itu gudangnya seniman. Anak-anak yang menonjol dengan kemampuan otak kanannya memang sebagian besar bermuara di kelas sosial. Tak khayal, kelas jadi berwarna.

4. Anak IPS terlatih jadi anak yang kritis dan jago debat.

Kenapa? Karena anak IPS terbiasa mengkritisi isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat.

5. Anak IPS (secara teori) juga jago ngatur keuangan.

Soal duit dan manajemen jangan ditanya lagi. Anak IPS itu jagonya mengatur keuangan. Prinsip ekonomi pasti diterapkan di kehidupan sehari-harinya. Sebab, anak IPS akrab dengan mata pelajaran ekonomi dan akuntansi.

6. Bersama anak IPS, harimu penuh canda dan tawa.

Tak salah lagi, selain gudangnya seniman, kelas IPS juga gudangnya anak-anak humoris. Mereka selalu mengisi hari dengan penuh tawa. Bercandaan mereka juga gak garing. Memecah suasana yang kaku adalah keahlian anak IPS.

7. Cara komunikasi satu sama lain bagus, jadi kesannya kompak dan solid.

Anak IPS itu gak cuma berisik doang kok. Justru karena sering bercanda dan bawaannya santai, mereka cenderung kompak dan solid. Daya komunikasi satu sama lain juga baik.

8. Sudah bisa dipastikan, anak IPS pandai menyelisik persoalan-persoalan sosial.

Anak IPS jangan ditanya kalau suruh menganalisis persoalan sosial yang terjadi di sekitarnya. Karena akrab dengan pelajaran sosiologi, wawasan sosialnya jadi luas.

9. Jiwa humanis jadi poin plus buat anak IPS.

Bukan bermaksud mendiskreditkan jurusan lain, tapi patut diakui jiwa sosial anak IPS tak perlu diragukan. Mereka terlatih untuk jadi orang-orang yang humanis.

10. Gak cuma soal akademis, anak-anak IPS juga jago soal organisasi.

Sebagian besar anak IPS mendominasi organisasi di sekolah. Mereka terbiasa bergabung dengan kelompok atau komunitas dan menyusun proyek-proyek tertentu.

11. Anak IPS gak cuma dekat sama guru waktu di dalam kelas. Mereka juga bisa akrab saat di luar kelas.

Karena banyak yang tergabung dalam organisasi, anak-anak IPS pun jadi dekat dengan guru, bahkan saat di luar kelas. Dengan guru, mereka sudah seperti bersahabat dengan teman sendiri.

Percayalah, kamu patut bangga masuk kelas IPS?

Sumber : IDN Times
11 Alasan Logis Kenapa Anak IPS Selalu Lebih Keren dari Jurusan Lain! 11 Alasan Logis Kenapa Anak IPS Selalu Lebih Keren dari Jurusan Lain! Reviewed by Hadel D Piliang on 25.3.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas