Ads Top

10 Keuntungan Menjadi Anak Kuliah

Geas, jangan terlalu khawatir dan nervous sama kehidupan kuliah, ya. Setelah lulus SMA dan masuk perguruan tinggi, kamu akan menikmati berbagai privilege dan keuntungan spesial, yang hanya dialami anak kuliahan, seperti:
1. Bisa bangun (lebih) siang. Ketimbang zaman SD hingga SMA, umumnya jam masuk kuliah lebih siang. Malah kalau beruntung, kamu bisa memulai hari dengan kelas siang, sekitar jam 12.00-an.

Artinya, kamu punya lebih banyak waktu untik siap-siap, sarapan cantik, daaaan peluk guling. Yeay!

2. Baju bebas. Nggak harus pakai seragam!

3. Jam kuliah nggak sepadat sekolah. Di sekolah, mungkin kamu harus belajar non-stop, dari jam 7 pagi sampai jam 3-4 sore, dengan banyak mata pelajaran. Beda dengan di kampus. Dalam sehari, hanya ada 2 hingga 4 mata kuliah, dan waktunya relatif lebih singkat.

4. Di semester yang SKS-nya nggak terlalu padat, kamu mungkin saja bisa mendapatkan libur saat weekdays.

5. Liburannya lebih panjang. Biasanya, sekitar 1 bulanan di akhir dan awal tahun, kemudian 3 bulan di pertengahan tahun.

Liburan tersebut bisa diisi dengan magang, ikutan semester pendek, hingga keliling dunia….. atau keliling Dunia Fantasi aja dulu, lah, kalau budget mepet.

6. Bisa menentukan studi dan kuliahmu sendiri. Semasa sekolah, pelajaran dan segala jadwalmu sudah ditentukan. Sementara saat kuliah, biasanya kamu boleh menentukan jumlah SKS dan mata kuliah yang ingin kamu ambil, mengatur sendiri jam kuliahmu, serta bebas memilih Mata Kuliah Pilihan.

Pokoknya, kamu bakal lebih punya kuasa terhadap perjalanan studi kamu. Tetapi seperti kutipan beken di film Spiderman, “With great power comes great responsibility.” Jangan sampai kuliah kamu amburadul, gara-gara kamu terlalu santai saat mengaturnya.

7. Kamu bisa mempelajari sesuatu yang spesifik dan sesuai dengan minat dan passion kamu. Sedangkan zaman sekolah 'kan, pelajarannya masih umum banget.

Hasilnya, kamu akan merasakan semangat masuk kelas dan belajar, karena kamu benar-benar menyukai bidangnya.

Itulah kenapa, penting banget kamu mengambil jurusan kuliah yang sesuai minat. Jangan pilih jurusan karena ikut-ikutan atau dengan alasan "yang penting masuk kuliah".

8. Kamu bakalan ketemu dengan teman-teman yang memiliki minat dan hobi yang sama. Waktu sekolah dulu, murid-murid di sekolah kamu 'kan benar-benar beragam. Ada yang suka sains, ilmu sosial, seni dan lainnya.

Nah, saat kuliah, kamu akan dikumpulkan dengan orang-orang yang memiliki pilihan dan passion yang sama denganmu.

Misalnya, jurusan Desain, Ilmu Komputer, atau Hukum pasti punya mahasiswa yang punya karakter khas masing-masing, sesuai dengan jurusannya.

9. Kesempatan untuk bekerja, usaha dan magang semakin terbuka lebar saat kamu berstatus mahasiswa.   

10. Kamu juga akan dianggap muda, namun cukup dewasa, sehingga pemikiran, suara dan ide kamu akan lebih diperhitungkan saat kamu berdiskusi dengan orang-orang yang lebih tua. Pendapat kamu bakal lebih didengar oleh masyarakat, mulai dari keluarga sendiri hingga pejabat. Hore!

Sumber : Youthmanual
10 Keuntungan Menjadi Anak Kuliah 10 Keuntungan Menjadi Anak Kuliah Reviewed by Hadel D Piliang on 23.3.17 Rating: 5

Tidak ada komentar

YAYAI.ID

Situs penyedia bahan bacaan anak kuliahan, bacaan wajib di luar kelas